Font Size

Profile

Layout

Cpanel

Pelatihan SIKDA Elektronik Tk. Kota Kupang Tahun 2012

Sistem informasi kesehatan merupakan salah satu sub sistem dalam kesatuan sistem Dinas Kesehatan secara keseluruhan. Penerapan sistem informasi memberikan dukungan dalam penerapan program-program di Puskesmas sebagai pusat pelayanan dasar kepada masyarakat. Selama ini dalam penyelenggaraannya, upaya pencatatan dan pelaporan seakan berjalan sendiri dan tidak bersinergi dengan upaya kesehatan lainnya. Andaikata ada hubungannya, masih sebatas pada pengumpulan data. Pekerjaan upaya pencatatan dan pelaporan dimaknai secara terbatas oleh petugas.

Hal ini telah mendorong inisiatif Dinas Kesehatan Provinsi NTT untuk mengembangkan sebuah jaringan informasi kesehatan secara terpadu dan menyeluruh untuk semua Kabupaten/Kota di NTT dengan menggunakan aplikasi software SIKDA Terpadu NTT. Sehingga informasi yang diperoleh dapat digunakan sebagai alat bantu dalam perencanaan kesehatan secara tepat sasaran dan efektif. Yang mana pada akhirnya akan membawa perencanaan menuju pelayanan yang berkualitas bagi seluruh rakyat NTT, terutama kaum miskin serta para ibu dan anak, sehingga dapat juga berkontribusi dalam menurunkan AKI dan AKB dalam propinsi NTT.

Pemerintah Kota Kupang dalam upaya mendukung program ini, telah menunjukkan komitmennya dalam bentuk dukungan insentif bagi Tim SIK Puskesmas dan Dinas Kesehatan sejak tahun 2008 hingga saat ini. Selain itu dianggarkan pula pertemuan rutin TIM SIK per triwulan dan penyediaan sarana pengolahan data berupa laptop, komputer PC dan printer. Sehingga diharapkan dari segi peningkatan kapasitas TIM SIK ini, dapat didukung melalui kemitraan AIPMNH. Dengan berbagai dukungan sarana dan prasarana yang ada maka Dinas Kesehatan Kota Kupang sangat berpotensi dalam menjalankan Sistem Informasi Kesehatan Daerah ini secara elektronik atau berbasis komputer. Sehingga diharapkan dengan sistem yang baru ini dapat digunakan untuk mengolah data yang lebih besar. Sistem ini akan dikembangkan pada 2 puskesmas di Kota Kupang yang merupakan Puskesmas yang didukung oleh AIPMNH yakni Puskesmas Pasir Panjang dan Puskesmas Sikumana. Dengan harapan ke depannya sistem informasi ini dapat diimplementasikan secara bertahap di 8 (delapan) puskesmas lainnya di Kota Kupang. Untuk memulai penerapan SIKDA Sistem Elektonik ini maka Dinas Kesehatan Kota Kupang akan melakukan Pelatihan SIKDA Sistem Elektronik sesuai dengan rencana kerja Kemitraan AIPMNH Kota Kupang tahun 2012.

Pelatihan Sikda Elektronik dilaksanakan sejak tanggal 23-27 Juli 2012, bertempat di Joeniar Guest House dengan mengundang 18 Peserta yang terdiri dari 6 Peserta (Kepala Puskesmas, Tenaga SIK, dan Bidan Koordinator) dari 2 Puskesmas Sikumana dan Puskesmas Pasir Panjang, yang dipilih sebagai Puskesmas Percontohan untuk penerapan aplikasi Sikda Elektronik, Tenaga SIK dari masing-masing Bidang di Dinas Kesehatan yakni Tim SIK Bidang Sekretariat, Kesehatan Keluarga, PL-Promkes, Pelayanan Kesehatan, Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit.

Dalam pelatihan ini diberikan beberapa materi diantara overview perencanaan dan implementasi Sikda Manual hingga elektronik, review pelaksanaan Sikda Manual, serta pelatihan Aplikasi Sikda Elektronik, serta introduksi GIC atau Gerbang Informasi Cepat. Pelatihan Aplikasi Sikda Elektronik ini diwarnai sesi diskusi dan Tanya jawab, dalam pelaksanaannya terlihat antusiasme peserta yang cukup besar dalam melaksanakan simulasi maupun diskusi tentang aplikasi sikda elektronik. Apabila nantinya akan berjalan sesuai jadwal yang telah ditentukan maka 2 Puskesmas ini dijadwalkan akan segera melakukan Reformasi Sistem Pendaftaran dan registrasi pasien, serta pencatatan rekam medik dari system manual ke system elektronik paling lambat akhir tahun ini. Aplikasi Sikda Elektronik sendiri mengakomodir berbagai kebutuhan pelaporan yang akan dilaporkan ke Tk. Kabupaten/Kota, Provinsi hingga Pusat. Dalam aplikasi ini terdapat 4 menu bar utama yakni, Menu registrasi, Menu Buku Kerja yang terdiri dari Buku Kerja/Register Poli Umum, Poli Gigi, Poli KIA, Laboratorium, Kesling, Promkes, dan IGD, menu bar berikut adalah menu Laporan sebagai bentuk rekapitulasi register laporan dalam setiap buku kerja yang siap di Upload dalam bentuk elektronik pada setiap dinas kesehatan kabupaten/kota, dan menu setting. Apabila nantinya sistem ini mampu berjalan secara maksimal seperti yang direncanakan, maka nantinya diharapkan system ini akan memberikan kemudahan dalam berbagai system pencatatan dan administrasi pasien yang ada di tingkat Puskesmas, sehingga Puskesmas nantinya tidak perlu lagi mengerjakan laporan secara manual dalam beberapa rangkap tetapi laporan sudah tersedia dalam bentuk elektronik, sehingga nantinya akan tetap tersimpan secara baik secara elektronik dalam komputer setiap Puskesmas maupun server di Dinas Kesehatan.

Selain melatih aplikasi Sikda elektronik juga dilaksanakan introduksi GIC ataun Gerbang Informasi Cepat sebagai metode terbaru dalam pelaporan yang bersifat real time untuk menjawab besarnya kebutuhan data kesehatan yang up to date dan terkini. Pelatihan ini ditutup pada tanggal 27 Juli 2011, dan diharapkan realisasi Sikda Manual dan elektronik di Puskesmas dapat berjalan sesuai jadwal yang ditetapkan sebelumnya. Semoga..


Comments   

 
0 #1 Depriel Umbu Ruwa 2013-06-28 10:18
Terima kasih untuk informasinya, saya sangat antusias dengan usha ini.semoga dengan adanya software ini dapat membantu tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan dan pelaporan yang efektif dan efisien.mohon maaf, saya bisa tanya sedikit kak, kira-kira implementasi sikda NTT elektronik ini baru di puskesmas sikumana dan pasir panjang saja? dan sejak kapan di imlementasikan/ operasinya kak? terima kasih banyak kak, Tuhan memberkati.
Quote
 
 
0 #2 luigi4235 2015-02-21 21:34
▬▬ι═══════ﺤ -═══════ι▬▬
+++thatsafunnypic.com+++
Quote
 
 
0 #3 obat foredi gel 2015-12-08 20:17
I do accept as true with all the ideas you have introduced
on your post. They're very convincing and will certainly work.
Still, the posts are too brief for starters. May you please extend them a bit from next time?
Thank you for the post.

Stop by my blog; obat foredi gel: http://goo.gl/UoRjYc
Quote
 

Non Facebooker..?? Tulis Komentar disini


Security code
Refresh

You are here: Home Warta Dinkes Pelatihan SIKDA Elektronik Tk. Kota Kupang Tahun 2012

 

Hubungi Kami

DINAS KESEHATAN KOTA KUPANG

Jalan SK. Lerik - Kupang - NTT

Telpon : (0380)825769
Fax      : (0380)825730

Email   :  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. 

Atau dengan mengisi Form Contact

Klik Disini